GEMUK LEBIH RINGAN DARI CEKING

JuraganKeadaan ekonomi yang semakin membaik menjadi idaman semua orang. Dalam keadaan ini seseorang dapat mencukupi kebutuhan primer dan sekundernya. Kebutuhan primer yang mendasar adalah makanan. Dalam hal satu ini, keinginan seseorang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Artinya orang makan makanan sesuai dengan yang diinginkan dan bersifat relative. Sekarang ini ada kecenderungan masyarakat untuk memilih makanan yang tinggi kalori dan lemak, tetapi rendah serat, misalnya makanan fast food.

Apakah itu salah?sebenarnya sah-sah saja seseorang memilih makanan yang disukainya, asal disertai dengan pertimbangan yang rasional. Misal mengkonsumsi makanan yang penampilannya menarik dan rasanya lezat, tetapi komposisi zat gizinya tidak seimbang asal bukan makanan favorit dan tidak dikonsumsi setiap hari tidak akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Menjamurnya restoran fast food terkadang memyediakan menu dengan zat gizi yang tidak seimbang oleh karena itu sebagai konsumen kita harus pandai memilih. Meskipun demikian kita tidak boleh takut karena tidak semua restoran fast food menyediakan makanan junk food. Disini dituntut pengetahuan konsumen tentang makanan yang kualitas dan kuantitasnya dapat mencukupi gizi yang dianjurkan.

Apabila salah memilih makanan, misalnya sering makanan yang tinggi kalori dan lemak, akibatnya akan mengalami kelebihan berat badan. Jika dibiarkan akan mengalami kegemukan. Kegemukan selain mengganggu penampilan seseorang juga akan mengganggu kesehatan. Seseorang yang menderita kegemukan akan mengalami resiko lebih besar untuk terserang penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes mellitus dan stroke.

Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan seseorang menderita kelebihan berat badan atau bahkan kegemukan. Beberapa faktor tersebut adalah faktor genetik, faktor psikologis, pola hidup yang tidak benar, aktifitas fisik kurang dan beberapa faktor lain.

Satu Tanggapan to “GEMUK LEBIH RINGAN DARI CEKING”

  1. Selamat dan sukses atas terbitnya blog sdkdinkesbms …buat mbah Bawor mau tanya bagaimana caranya bisa langsing tapi tetap makan enak-enak begitu matur nuwun klilaan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: