TERTAWA ITU SEHAT

Berdasarkan hasil anamnese kepada keluarga pasien jantung dan stroke yang menunggu keluarganya mondok di rumah sakit, salah satu kebiasaan perilaku pasien di rumah dan tempat kerja adalah pasien jarang tertawa. Dan beberapa respon nenek/kakek yang usianya 65 – 75 tahun tetapi wajahnya tampak lebih muda, energik dari pada usianya menjawab “Sering tertawa dan ikhlas”
Tertawa itu penting bagi kita yang mempunyai kepribadian halus (orang timur) tapi tertawanya tidak senyaring makhluk halus..hi…hiii..(Mak Lampir kali). Terutama yang mempunyai kepribadian Type H yang punya hobby mengekang marah “NGAMPET” (Banyumasan). Orang yang suka ketawa akan hidupnya memancarkan sinar MUDA yang cemerlang dan menggoda bagi lawan jenisnya. Mengapa demikian, karena saat tertawa tubuh akan mengeluarkan hormon endhophyne sejenis morpin tubuh, yang berfungsi mengendurkan rasa pedih/perih fisik (badan) dan bathin (jiwa). Apalagi kalau tertawa dengan terpingkal-pingkal menyebabkan paru-paru dan jantung akan berkontraksi lebih cepat sehingga suplai oksigen ke otakpun menjadi lancar dan berakibat Otaknya makin cerdas (smart). Dengan demikian mengapa orang yang sering “Ngampet” tertawa mempunyai potensial berpenyakit terjadinya Stroke dan Jantung coroner. Hal tersebut disampaikan oleh Study Meriland Medical Centre, Baltimoro, AS bahwa Ketawa dapat mencegah serangan Jantung, dimana 2/5 pasien Jantung rata-rata kurang ketawa. Untuk itu mari berhenti sejenak untuk , “TERTAWA..Huaaa…ha….ha….” 20 kali / hari. Bagi Anda yang hobinya nonton televisi, pilihlah nuansa acara yang tertawa ; Bukan Empat Mata, Tawa Sutra, Gudrl Banyumasan dll.
Secara ilmu kesehatan bahwa lokasi pusat ketawa di otak berhubungan dengan kemampuan menggagas, merencanakan, selain berasosiasi dengan pengambilan keputusan sosial dan emosional dan intinya berada di Otak Kanan (Imaginasi). Itulah sebabnya seseorang yang rasa humornya tinggi besar kemungkinanya dalam menggagas dan hasilnya Jooosss.
Sebagai akhir dari catatan BAWOR DinKes mengajak :
1. Lakukan tertawa dulu sebanyak 3 kali sebelum Anda Marah
2. Tertawalah minimal 20 kali / hari dengan membaca, mendengar atau menggagas ketawa
3. Atur bodi mulut Anda saat tertawa, untyuk tidak terlalu lebar, awas lalat dan serangga lain bisa masuk kerongkongan Anda
4. Bersyukurlah kepada Allah Anda bisa tertawa
5. Hilangkan perasaan Anda bahwa “Tertawa hanya untuk golongan kasta rendah” tapi sebagai senam awet muda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: