OBAT MAAG

Pernahkan Anda menderita gangguan mual, perih dan kembung,? Mungkin a Anda terkena gejala penyakit maag.atau tukak lambung. Pengobatan tukak lambung biasanya secara simtomatis saja tau hanya meringankan gejala-gejala.Obat-obat tukak lambung terdiri dari
1. Antasida
2. H2-blokers
3. Penghambat pompa proton
4. Anti kolinergik


Antasida berasal dari kata anti dan acidus atau anti terhadap asam. Merupakan senyawa –senyawa bbasa-basa lemah yang digunakan secara kimiawi menetralkan asam lambung. Efeknya adalah peningkatan PH.Obat-obat ini mampu mengurangi rasa nyeri di lambung dengan cepat.Efek bertahan 20-60 menit pada perut kosong dan sampai 3 jam bila diminum 1 jam sesudah makan. Karena adanya makanan juga mempunyai daya mengikat asam. Wanita hamil sering mengalami refluks dan rasa terbakar asam. Antasida dengan aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida cukup aman bagi wanita hamil dan menyusui
H2-bloker menempati reseptor histamine H2 secara selektif dipermukaan sel-sel parietal sehingga sekresi asam lambung dan pepsin sangat dikurangi. H2 bloker sangat efektif untuk ulkus duodeni berkaitan dengan masalah hiperasiditas.Obat ini dapat mencapai plasenta dan air susu sehingga tidak dapat digunakan untuk wanita hamil dan menyusui.
Penghambat pompa proton mengurangi sekresi asam dengan jalan menghambat enzyme H+/K= ATP ase secara selektif dalam sel-sel parietal.
Antikolinergik menhamb at kegiatanmuskarinik dari asetilkolin dan berefek menekan sekresi getah lambung dan mobilitasnya.Namun menimbulkan mulut kering dan gangguan fungsi jantung.Mau pilih yang mana dari obat –obatan di atas? Tentunya melihat penyebabnya kenapa gangguan gastritis tersebut dapat terjadi.
Bila mekanisme penutupan sphincter pylorus tidak bekerja dengan sempurna sehingga terjadi refluks dari isi duodenum alkalis. mukosa lambung yang bersentuhan dengan aliran balik getah duodenum yang bersifat alkalis, peradangan bias terjadi. Radang lambung dapat terjadi karena mengkonsumsi oba-batan rematik NSAID, kortikosteroid dan alohol. Rata-rata 90% tukak lambung juga disebabkan karena suatu kuman yaitu H. Pylori. Gangguan motilitas lambung dan turunnya daya tangkis mukosa serta hipersekresi bias menyebabkan tukak lambunga. Stess dan ketegangan psikis dan produksi kortisol sangat memicu pengeluaran asam lambung.
Penyebab –penyebab yang tidak diketahui sehingga seringkali orang tidak sembuh makan obat maag yang ada dipasaran. Obat-obat yang dijual bebas biasanya adalah golongan antasida. Sedangkan obat-obat lainnya merupakan golongan obat keras yang harus didapat dengan resep dokter. Karena tidak semua orang dapat menggunakan dan mengerti dosis yang benar. Antasida ada kalanya di kombinasi dengan obat anti kembung . Contohnya adalah Dimetikon. Dimetikon bersifat menurunkan ketegangan permukaan , sehingga gelembung-gelembung gas pada lambung dan usus mudah terurai.(ANDIN-sdk)

Satu Tanggapan to “OBAT MAAG”

  1. Diman Gaul Says:

    Bu bagus ya blognya, Mau nanya tanaman obat yang didesa yang berfungsi untuk penyembuhan Maag apa bu ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: