SERTIFIKASI KEAMANAN PANGAN

Sesuai  Surat Keputusan Kepala Badan POM RI No. HK. 00.05.5.1640 tentang Sertifikasi Produksi Pangan untuk  Perusahaan Pangan Industri Rumah Tangga, bahwa untuk semua perusahaan industry rumah tangga   pangan perlu mendapat Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Untuk memperoleh sertifikat tersebut, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah mempunyai sertifikat penyuluhan keamanan pangan (PKP)

Dinas Kesehatan Kab. Banyumas  pada 30 November 2010, menyelenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan bagi masyarakat pengusaha pangan industri rumah tangga dengan  sumber biaya dari APBD Kabupaten Banyumas  2010 yang merupakan kegiatan kedua setelah Penyuluhan Keamanan Pangan pertama tanggal 10 Februari 2010. Adapun  jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 82 orang, dimana alokasi anggaran diperuntukan 48 orang . Dalam kegiatan tersebut   dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan  yang diwakili oleh Kabid P2SDK  Sdr. Ronin Hidayat, SPd, M.Kes.

Sesuai Keputusan Kepala Badan POM RI No. HK.00.05.5.1641 bahwa dalam kegiatan penyuluhan Keamanan Pangan, penyuluh berasal petugas yang sudah memiliki Sertifikat Penyuluh Keamanan Pangan yang dikeluarkan Badan POM. Adapun Pembicara :

1.    Tri Byar Wijayanti, SKM

2.    Imam Subagyo, ST

3.    Andina Padmaningrum, S.Si, Apt

4.    Okto Sudaryo, AMd.KL

Adapun materi-materi yang diberikan dalam penyuluhan keamanan pangan tersebut meliputi :

1.    Berbagai jenis bahaya (biologis, kimia, dan fisik), cara menghindari dan memusnahkannya,   pengawetan pangan

2.    Higiene dan Sanitasi Sarana PP-IRT

3.    Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT)

4.    Peraturan Perundang-undangan terutama tentang Keamanan Pangan, Penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP), Label, dan Iklan Pangan

5.    Pengemasan dan Penyimpanan Produk Pangan Industri Rumah Tangga

Setelah mengikuti materi,  peserta mengikuti post-test Bagi peserta yang lulus (nilai minimal 6,00), maka akan diberikan Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan, yang selanjutnya sertifikat tersebut dapat digunakan untuk pemenuhan persyaratan  Sertifikasi Produksi Pangan IRT.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 15.30 yang ditutup oleh Kadinkes yang diwakili oleh Kasi Farmamin Bidang P2SDK DKK Banyumas.

Satu Tanggapan to “SERTIFIKASI KEAMANAN PANGAN”

  1. purwantos126@yahoo.com Says:

    assalamu`alaikum…

    pak kalau misalkan saya akan mencoba bikin usaha rumah tangga berupa kripik tempe,kira2 harus memperoleh sertifikat keamanan pangan dari dinas kesehatan kab. banyumas apa tidak?
    kalau memang harus caranya bagaimana…terimakasih……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: