VISIT/BINA

Rekan-rekan pembaca khususnya pimpinan dan staf Fasilitas Pelayanan Kesehatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas, baik Rumah sakit (umum dan khusus), RSIA, praktek perorangan maupun bersama,RB, BPS, Klinik (BP), apotek, PBF,Optik,Batra, IRT, Darmiu, Tim P2SDK Dinas kesehatan Banyumas, mulai Januari 2010 melakukan optimalisasi Pembinaan dan Pengendalian dengan VISITASI ke fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Banyumas.
Kegiatan visitasi tersebut dilakukan setiap minggu hari Rabu dan atau Kamis dengan jadual yang telah ditetapkan oleh Kasie-Kasie SDK. Jadual tersebut dibuat berdasarkan :
1. Permohonan izin operasional Fas.kes baik baru maupun perpanjangan dengan ketentuan persyaratan administrasi telah lengkap
2. Permintaan Rekomendasi dari Propinsi sebagai pemenuhan persyaratan
3. Adanya keluhan dan atau pengaduan masyarakat atas kualitas pelayanan
4. Adanya permintaan dari pusat atas isue dan atau ditemukannya pelanggaran.
5. Pembinaan berkala yang berkesinammbungan dalam rangka lalar (pemantauan terpadu) Tim Dinkes Kab Banyumas.
6. Sosialisasi Peraturan baru baik UU, PP, Peraturan Menteri terkait
7. Permohonan persiapan akreditasi, konsultasi teknis pembangunan fisik fasilitas Yan Kes
Dari ke tujuh kegaiatan visit tersebut bertujuan untuk meningkatkan citra dan mutu Fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah Banyumas. Bagi Anda yang berkepentingan/berkaitan hal tersebut untuk bisa datang ke Din.Kes Banyumas khususnya kantor Bidang P2SDK. Disana Anda akan bertemu dengan Tim Excellent Service SDK dengan ruang yang cukup sehat dan nyaman (AC).
Adapun fasilitas kesehatan yang telah divisitasi adalah sebagai berikut :
Januari 2010 : RS Ortopedi Purwokerto, 5 Balai Pengobatan, 10 apotek, 4 Batra, Praktek dokter Perorangan, RSIA Amanah Sumpiuh, 17 Puskesmas, Labkes dan juga Pembinaan organisasi Profesi Kesehatan.
Februari 2010:
Kegiatan pada bulan Februari 2010 adalah bulan yang penuh dengan momen yang baik dan patut disyukuri bersama, mengapa…? Ya jelas karena :
a. PP 51 tahun 2009, tentang Pekerjaan Kefarmasian, dimana aturan merupakan upaya profesionalisme tenaga Farmasi dalam rangka melindungi masyarakat sehingga Tim SDK melakukan sosialisasi dan pembinaan secara kontinyu kepada tenaga Apoteker,Tenaga Teknis Kefarmasian, dan Fasilitas Apotek. Hasil kunjungan ternyata sebagian besar apotek dan Instalasi Farmasi RS dan Puskesmas belum berbenah diri (mereka belum siap), khususnya tenaga Apoteker dimana apoteker Jaga tidak ada ditempat (yang memberikan obat berdasar Resep obat) adalah Non Apoteker.
b. Melakukan visit Optik, dan hasilnya masih banyak optik yang izinya telah habis, sehingga optik2 tersebut diberi tenggang waktu 2 minggu untuk melakukan izin ke Dinas Kesehatan dengan dipandu oleh Tim.
c. Melakukan Inspeksi mendadak ke 5 (lima) Apotek khususnya inventori obat dan alat kesehatan. Adapun Apotek yang telah diVisit adalah Farel Farma Banyumas, SomaGede, Bulupitu Purwokerto, Apotek PMI, Instalasi Farmasi di RSOP, RS Wiradad, RSI Purwokerto, RSO Siaga Medika Banyumas, RSU Barta, Optik Kamandaka, Apotek Kimia Farma
Pada tanggal 23 Februari, Tim mendampingi Tim SDK Propinsi dalam rangka kunjungan visitasi RSIA Budhi Asih Purwokerto (pelimpahan masa transisi UU No.44 Th 2009) yaitu perizinan RS kelas C dan D dilakukan di Kabupaten,dimana tadinya di Dinkes Propinsi.
Untuk tanggal 24 Februari 2010, Tim SDK melakukan Visit khusus di RSU Banyumas sehubungan dengan RSU tersebut sedang melakukan perbaikan dan pembangunan Fisik sarana kesehatan, dan juga sebagai persiapan dalam rangka pemberian REKOMENDASI izin Operasional ke Propinsi dan Penetapan Kelas RS ke Kementerian Kesehatankelak. Adapun kegiatan dimaksud terdiri dari :
1. Tim A :Pembinaan SDM Perawatan (perawan dan Bidan) tentang UU no 44 tahun 2009 dan UU No. 36 Th 2009, khususnya perijinan praktek profesi dan izin kerja serta fasilitas keperawatan di Instalasi Rawat Inap
2. Tim B : Pembinaan terhadap Instalasi Farmasi dan Instalasi Gizi. Inst. Farmasi berkaitan dengan PP 51 Th 2009 atas pekerjaan kefarmasiaan dan menjaga mutu pelayanan Gizi
3. Tim C : Pembinaan terhadap perijinan tenaga dokter dan pengendalian manajemen atas permohonan SP (Surat Penugasan)
Disamping itu Tim SDK setelah dari RSU Banyumas melakukan Visitasi lanjutan ke Apotek Farel Farma dan PBDS Klinik Griya Husada Banyumas.
Untuk Maret 2010, di fokuskan pada fasilitas kesehatan yang belum di visit oleh Tim SDK Dinkes. Banyumas. Untuk itu Anda bersiap-siap dan wajah “Good Hello“. Kami datang untuk membimbing Anda kejalan yang benar, Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: